Apakah berbahaya menggunakan HP saat ada Hujan Petir?

Apakah benar menggunakan hp pada saat hujan di sertai kilatan petir, dapat menyebabkan tersambarnya petir? Berikut adalah penjelasan ahli dan media.
Apakah berbahaya menggunakan HP saat ada Hujan Petir?

Menggunakan HP atau Handphone pada saat Hujan di sertai kilatan petir mungkin akan menjadi hal menakutkan bagi kalian yang percaya bahwa hal tersebut dapat berbahaya.

Karena menurutnya menggunakan hp pada saat hujan di sertai kilatan petir terjadi, dapat menyambar orang yang menggunakan hp tersebut, terutama bagi yang menggunakan hp tersebut sambil sedang mengisi daya.

Atau juga mungkin bagi kalian yang masih bersama orang tua kalian, kalian akan di ingatkan keras supaya tidak menggangunakan hp, saat terjadi hujan di sertai kilatan petir.

Pertanyaan terbesarnya adalah, Apakah benar menggunakan hp pada saat hujan di sertai kilatan petir terjadi, dapat mengundang petir untuk menyambar?

Sebelum itu, supaya lebih berhubungan dengan kasus nya, kita harus ketahui terlebih dahulu, apa yang menyebabkan petir dapat menyambar.

Apa yang dapat memancing petir untuk menyambar?

Banyak orang berpendapat bahwa hp yang terbuat dari logam dapat memancing petir untuk menyambar. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), ada tiga faktor yang dapat memancing petir untuk menyambar, diantaranya :

1. Ketinggian

Ketinggian dapat memicu tersambarnya petir, contohnya adalah seperti rumah yang berada di pengungsian, pohon yang sangat tinggi dan lain-lain.

2. Runcing

Beberapa hal ataupun benda yang berbentuk runcing juga dapat memicu tersambarnya petir, contohnya adalah tower jaringan telekomunikasi yang bagian atasnya berbentuk runcing.

3. Isolasi

Isolasi juga dapat memicu petir untuk menyambar, contohnya adalah ketika sebuah rumah berada di lahan yang luas, sendirian alias tidak ada rumah lain, dapat menjadi hal dominan tersambar petir.


Apakah benar menggunakan hp pada saat hujan di sertai kilatan petir terjadi, dapat mengundang petir untuk menyambar?

Memang benar hp yang terbuat dari logam dapat menangkap gelombang elektromagnetik, namun tidak dapat memicu sambaran petir.

Menurut riset yang di terbitkan oleh British medical jurnal (BMJ), Seseorang yang menggunakan hp di ruang terbuka, pada saat hujan terjadi di sertai kilatan petir, memang dapat meningkatkan resiko luka fatal akibat sambaran petir, hal tersebut karena kulit manusia dapat mentransmisikan listrik ke dalam tubuh.

Jadi, ketika petir menyambar seseorang, aliran listrik dapat bergerak di sepanjang kulit. Saat terjadi hujan di sertai kilatan petir memakai atau menggunakan benda logam memang dapat meningkatkan resiko cidera.

Tapi sebenarnya orang yang tersambar petir saat menggunakan hp, bisa terjadi karena berada di tempat atau waktu yang salah.

Misalnya menggunakan hp saat hujan terjadi yang di sertai kilatan petir berada di dekat pohon, tower ataupun kegiatan luar ruangan lainnya.

Menurut Dr. Marry ann cooper selaku professor kedokteran dan bio engineering di University of illinois, para ahli di National weather service sebagai lembaga pemerintah cuaca federal Amerika serikat, hingga Kementerian komunikasi dan informatika (KOMINFO) menyangkal hal bahwa menggunakan hp pada saat hujan terjadi yang di sertai kilatan petir dapat menyebabkan tersambarnya petir, hanyalah sebuah mitos belaka atau DISINFORMASI.

Meskipun begitu, saat hujan yang di sertai kilatan petir terjadi dan sedang menggunakan hp, ada baiknya mengikuti beberapa hal yang telah di jelaskan tadi, salah satunya adalah dengan mencari ruangan tertutup.
Baca juga :

Mau Traktir lewat mana?

BRI 346501005929523 Cucu
Trakteer.id
Punya uang lebih, mau traktir minum kopi sebagai bentuk apresiasi? tap icon panah di atas.